SARANA PRASARANA

  • Sarana Prasarana
  1. Luas Tanah

Sampai saat ini status kepemilikan tanah adalah hak pakai milik Universitas Jember yang merupakan sebidang tanah yang terletak di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten jember dengan luas tanah 1500 m2 dengan pemanfaatan 525 m2 untuk bangunan utama dan selebihnya masih berupa halaman. Perijinan yang dimiliki UPT. Pelayanan Kesehatan yang berkaitan dengan pertanahan adalah:

  1. Surat Ijin Gangguan (HO)
  2. Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

Sedangkan untuk sertifikat tanah yang dimiliki Universitas Jember masih dalam proses.

  1. Gedung

UPT. Pelayanan kesehatan memiliki gedung utama seluas 525 m2 yang terbagi atas : (Denah ruangan terlampir)

  1. Ruang resepsionis dan ruang tunggu
  2. Ruang depo obat
  3. Ruang periksa dokter gigi
  4. Ruang periksa dokter umum
  5. Ruang periksa komplementer
  6. Ruang anamnesa
  7. Ruang pimpinan
  8. Ruang rapat
  9. Ruang administrasi
  10. Ruang UGD
  11. Ruang Laboratorium
  12. Kamar mandi
  13. Gudang
  14. Dapur

Dari beberapa ruang tersebut terdapat ruangan yang telah dilengkapi fasilitas penyejuk ruangan (AC) yaitu :

  1. Ruang resepsionis dan ruang tunggu
  2. Ruang depo obat
  3. Ruang periksa dokter gigi
  4. Ruang periksa dokter umum
  5. Ruang periksa komplementer
  6. Ruang anamnesa
  7. Ruang Pimpinan
  8. Ruang rapat
  9. Ruang UGD
  10. Ruang Spesialis
  11. Ruang Laboratorium

c. Peralatan

Peralatan medis

Peralatan medis yang dimiliki UPT. Pelayanan Kesehatan antara lain : Dental Chair set, Instrumen gigi, Camera intra oral, Sterilisator kering, ECG (Electro Cardiography), Nebulizer, Tabung O2 , Minor Surgery Set, Tensimeter raksa, Stetoscope, Emergency Set, Trial lens set, Tes psikiatri set, Slit lamp, buku ishihara, THT set, Lampu UV dan lain-lain.

Selain itu terdapat alat-alat penunjang medis yaitu alat laboratorium meliputi Hematoanalizer set, Urineanalizer set, Spectrophotometer set serta sepeda motor, ambulance dan mobil jenazah.

Peralatan non medis

Peralatan non medis yang dimiliki UPT Pelayanan Kesehatan antara lain CCTV, mesin ketik, komputer, printer, OHP, Scanner, viewer, meja rapat, kursi beroda, kamera digital, mebelair, dan lain-lain.

Semua peralatan telah memenuhi standart yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jember.

d.. Disamping tersebut diatas, UPT Pelayanan Kesehatan juga mempunyai sarana pendukung lainnya yaitu:

  1. Genset, ini sangat dibutuhkan ketika terjadi pemadaman listrik atau gangguan arus listrik dari PLN sehingga dengan adanya alat ini pelayanan kesehatan tidak akan mengalami gangguan
  2. Lahan parkir yang luas dan telah terpisah antara roda 2 dan roda 4.

 

2. Pengelolaan Sarana

Selama ini pengelolaan sarana dan prasarana UPT. Pelayanan Kesehatan dilakukan secara mandiri oleh UPT. Pelayanan Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada civitas akademika dan masyarakat

 

3. Pemanfaatan dan Pemeliharaan

Pemanfaatan sarana prasarana UPT. Pelayanan Kesehatan didasarkan pada aspek efektif dan efesien dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada civitas akademika dan masyarakat umum.

Selama ini pemeliharaan sarana prasarana UPT.Pelayanan Kesehatan dilakukan dengan koordinasi dengan bagian umum dan perlengkapan kantor pusat Universitas Jember dimana UPT. Pelayanan Kesehatan mengajukan permohonan dana untuk pemeliharaan sarana prasarana UPT. Pelayanan Kesehatan yang nantinya dilaksanakan oleh bagian umum dan perlengkapan kantor pusat Universitas Jember dengan menunjuk rekanan atau proses lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Universitas Jember

.

4. Ketersediaan dan Kualitas

Dalam penyediaan sarana dan prasarana, UPT. Pelayanan Kesehatan menggunakan dana PNBP dengan melalui prosedur yang berlaku di Universitas Jember. Dalam pengajuan sarana prasarana, UPT. Pelayanan Kesehatan menggunakan skala prioritas setelah itu diajukan ke Pembantu Rektor II.

Untuk kualitas, semua sarana dan prasarana yang dimiliki telah sesuai dengan spesifikasi yang diminta oleh masing-masing unit yang membutuhkan. Apabila pengadaan sarana dan prasarana tidak sesuai dengan pengajuan, maka UPT. Pelayanan Kesehatan akan membuat berita acara penolakan barang tersebut.

5. Fasilitas Komputer dan Pendukung Tri Dharma PT

Mulai tahun 2005, UPT. Pelayanan Kesehatan telah menggunakan sistem komputerisasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada civitas academika dan masyarakat umum, begitu juga untuk bagian administrasi.

Diruang administrasi terdapat dua komputer dan 2 printer, sehingga seluruh kegiatan administrasi sebagian besar sudah terkomputerisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *