TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  •  Tupoksi Kepala UPT Pelayanan Kesehatan (UPT Yankes)

Tugas Pokok Kepala UPT Pelayanan Kesehatan adalah membantu rektor dalam merumuskan kebijakan, melaksanakan koordinasi, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan UPT Pelayanan Kesehatan.

Adapun fungsi Kepala UPT Pelayanan Kesehatan adalah:

  1. Bertanggungjawab atas seluruh kegiatan UPT Pelayanan Kesehatan
  2. Memimpin pelaksanaan tugas, fungsi pokok UPT
  3. Merumuskan program kerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi UPT.
  4. Menentukan sasaran dan tujuan UPT Yankes sesuai program kerja yang telah ditetapkan
  5. Membagi tugas pekerjaan kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.
  6. Memberikan arahan bahan petunjuk teknis secara jelas mengenai tugas yang akan dilaksanakan oleh bawahan.
  7. Membina kerjasama karyawan/karyawati dalam melaksanakan tugas sehari hari
  8. Melakukan pengawasan melekat bagi seluruh kegiatan program dan pengelolaan keuangan
  9. Mengadakan koordinasi dengan rektorat dalam upaya peningkatan derajat kesehatan di lingkungan Universitas Jember
  10. Memonitor dan mengevaluasi kegiatan UPT Pelayanan Kesehatan
  11. Melaporkan kegiatan program ke Rektorat, baik berupa laporan rutin maupun laporan khusus

 

  • Tugas Pokok Sekretaris UPT Pelayanan Kesehatan

 

Tugas Pokok Sekretaris UPT Pelayanan Kesehatan adalah membantu Kepala UPT Pelayanan Kesehatan dalam merumuskan kebijakan, melaksanakan koordinasi, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan di lingkungan UPT Pelayanan Kesehatan.

Adapun fungsi dari Sekretaris UPT Pelayanan Kesehatan adalah:

  1. Membantu Kepala UPT yankes dalam merumuskan program kerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi UPT.
  2. Membantu Kepala UPT dalam menentukan sasaran dan tujuan UPT Yankes sesuai program kerja yang telah ditetapkan
  3. Membantu kepala dalam membagi tugas pekerjaan kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.
  4. Membantu Kepala UPT dalam memberikan arahan bahan petunjuk teknis secara jelas mengenai tugas yang akan dilaksanakan oleh bawahan.
  5. Membantu Kepala UPT dalam membina kerjasama karyawan/karyawati dalam melaksanakan tugas sehari hari
  6. Membantu kepala UPT dalam melakukan pengawasan melekat bagi seluruh kegiatan program dan pengelolaan keuangan
  7. Membantu Kepala UPT dalam mengadakan koordinasi dengan rektorat dalam upaya peningkatan derajat kesehatan civitas akamika Universitas Jember dan masyarakat di sekitarnya.

 

  • Tupoksi Kepala Sub-bagian Tata Usaha (Kasubag TU)

 

Tugas Pokok Kasubag Tata Usaha adalah memberi petunjuk membagi tugas, membimbing, memeriksa, mengoreksi, mengawasi dan merencanakan kegiatan urusan keorganisasian dan ketatalaksanaan umum. Kepegawaian, perlengkapan, program dan pelaporan serta keuangan dalam rangka mendukung mekanisme kerja Unit Pelaksana Teknis.

Adapun fungsi Kasubag TU adalah:

  1. Perencanaan kegiatan kerja Sub Bagian Tata Usaha meliputi urusan Keorganisasian dan Ketatalaksanaan, Umum, Kepegawaian, Perlengkapan, Program dan Pelaporan serta Keuangan;
  2. Pemberian petunjuk pengelolaan urusan keorganisasian dan ketatalaksanaan, umum, kepegawaian, perlengkapan program dan pelaporan serta keuangan;
  3. Pembagian tugas pengelolaan urusan keorganisasian dan ketatalaksanaan, umum, kepegawaian, perlengkapan program dan pelaporan serta keuangan;
  4. Pembimbingan pelaksanaan tugas Sub Bagian Tata Usaha;
  5. Pemeriksaan dan pengawasan pengelolaan urusan keorganisasian dan ketatalaksanaan umum, kepegawaian perlengkapan program dan pelaporan serta keuangan;
  6. Pengoreksian pelaksanaan tugas Sub Bagian Tata Usaha;
  7. Pengawasan bawahan dalam lingkup bidang tugasnya;
  8. Laporan pelaksanaan tugas Sub Bagian Tata Usaha dan;
  9. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasarkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya.
  •  Tupoksi Koordinator Bidang Pelayanan Kesehatan

Tugas pokok Koordinator Bidang Pelayanan Kesehatan adalah mengkoordinasi dan Mengawasi dalam Pelayanan Kesehatan di UPT Pelayanan kesehatan dan menerima tugas dari pimpinan UPT.Pelayanan Kesehatan

  1. Mengkordinasi dan mengawasi di bidang layanan rawat jalan pada UPT Pelayanan Kesehatan
  2. Mengkordinasi dan mengawasi semua laporan layanan kesehatan rawat jalan di   UPT.Pelayanan Kesehatan
  3. Mengkordinasi dan mengawasi di bidang pelayanan kesehatan pada UPT Pelayanan Kesehatan yang meliputi :bagian pendaftaran layanan kesehatan, bagian Poli Umum, Bagian Poli Gigi, , Bagian Unit Gawat Darurat (UGD ) bagian Laboratorium klinik kesehatan, bagian layanan Obat.
  4. Mengkordinasi dan mengawasi dalam membagi tugas ke bagian Pendaftaran Layanan kesehatan,bagian Poli Umum, Poli Gigi, Unit Gawat Darurat (UGD), , Laboratorium, Bagian Layanan Obat
  5. Mengkordinasi dan mengawasi dalam pengelolaan tugas tugas pelayanan Kesehatan di UPT.Pelayanan Kesehatan
  6. Mengkordinasi dalam pengadaan alat alat kesehatan di UPT.Pelayanan Kesehatan
  7. Mengkordinasi dan mengawasi dalam pencatatan dan pelaporan kegiatan kegiatan medis di UPT.Pelayanan Kesehatan
  8. Mengkordinasi dan mengawasidalam pembuatan jadwal jaga bulanan (dokter umum, dokter gigi,perawat, petugas layanan obat,bagianpendaftaran , laboratorium).
  9. Mengkordinasi dan mengawasidalam pembuatan rekapan daftar hadir petugas bulanan.(dokter umum,dokter gigi,perawat ,petugas layanan obat hari sabtu)
  10. Mengkordinasi dan mengawasidalam layanan kesehatan peserta Asuransi Kesehatan ( ASKES )
  11. Mengkordinasi dan mengawasi dalam pembuatan jadwal jaga bulanan dokter umum, dokter gigi,perawat, petugas bagian obat,petugas bagian pendaftaran,petugas laboratorium
  12. Mengkordinasi dan mengawasi dalam pelaksanaan pembuatan daftar hadir bulanan (dokter umum, dokter gigi, perawat,petugas bagian obat,petugas bagian pendaftaran,dan bagian laboratorium)
  13. Mengkordinasi dan mengawasi pelaksanaan rekapan bulanan daftar petugas(dokter umum,dokter gigi,perawat,bagian layanan obat ,bagian pendaftaran dan bagian laboratorium).
  14. Melaporkan ke pimpinan UPT Pelayanan Kesehatan tentang layanan kesehatan tiap bulan

 

  • Tupoksi Koordinator Kefarmasian dan Laboratorium

Tugas pokok Koordinator Kefarmasian dan Laboratorium adalah melaksanakan program pembinaan dan pengendalian kefarmasian dan laboratorium serta tugas lain yang diberikan oleh Kepala dan Sekretaris.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Koordinator Kefarmasiaan dan Laboratorium mempunyai fungsi meliputi :

  1. Pelaksanaan Perencanaan Program Pengadaan Obat, Alat kesehatan dan bahan laboratorium.
  2. Pelaksanaan pengelolaan persediaan kefarmasian dan laboratorium yang efektif dan efisien.
  3. Pelaksana dalam mewujudkan sistem informasi pelayanan kefarmasian dan laboratorium yang tepat guna, mudah dievaluasi dan berdaya guna untuk pengembangan pelayanan kesehatan.
  4. Pelaksana pengendali mutu sebagai dasar setiap langkah pelayanan untuk peningkatan mutu pelayanan.
  5. Pelaksana administrasi ketatausahaan dibidang kefarmasian dan laboratorium.

 

  • Tupoksi Koordinator Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama

Tugas pokok Koordinator Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama dipimpin oleh seorang ketua bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris, mempunyai tugas pokok membantu menyusun program rencana kerja UPT Pelayanan Kesehatan Univ. Jember dengan melibatkan bidang lainnya, merencanakan kegiatan, mengembangkan, melaksanakan, membagi tugas, dan  mengontrol  urusan perencanaan yang meliputi penghimpunan rencana program/kegiatan dan pengembangan dari masing-masing bidang di UPT Pelayanan Kesehatan serta bertugas membantu menjalin dan membuat kegiatan pengembangan kerjasama yang berasaskan kesetaraan, keadilan dan saling menguntungkan.Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana tersebut di atas, bidang Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama mempunyai Fungsi:

  1. Perencanaan, pengembangan kegiatan dan kerjasama yang meliputi penghimpunan rencana program/kegiatan dari masing-masing bidang untuk diolah dan dievaluasi bersama
  2. Pelaksanaan perencanaan, pengembangan kegiatan dan kerjasama yang meliputi  penghimpunan rencana program/kegiatan dari masing-masing bidang di UPT Pelayanan Kesehatan Univ. Jember
  3. Pembagian pelaksanaan tugas perencanaan serta pengembangan kegiatan dan kerjasama
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dalam  melaksanakan  fungsinya sebagaimana tersebut di atas, bagian Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama mempunyai uraian tugas sebagai berikut:

  1. Merencanakan kegiatan di bagian/bidang perencanaan, pengembangan dan kerjasama UPT Pelayanan Kesehatan Univ. Jember
  2. Menyusun bahan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA) dari masing-masing bidang di UPT Pelayanan Kesehatan Univ. Jember
  3. Mengumpulkan bahan Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pengembangan Jangka Menengah (RPJM) bagian/bidang di UPT Pelayanan Kesehatan sebagai bahan penyusunan RPJP, RPJM Universitas Jember
  4. Menghimpun serta menyusun Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) UPT Pelayanan Kesehatan
  5. Menghimpun serta menyusun LAKIP UPT Pelayanan Kesehatan
  6. Menghimpun,  memaduserasikan dan mengolah  perencanaan program dan kegiatan dari bidang-bidang di UPT Pelayanan Kesehatan
  7. Menghimpun dan mengolah bahan evaluasi program dan kegiatan UPT Pelayanan Kesehatan
  8. Menyusun bahan laporan akuntabilitas kinerja UPT Pelayanan Kesehatan sebagai bahan pertanggungjawaban kepada Rektor
  9. Menghimpun, mengolah dan menganalisa data serta penyajian data hasil kegiatan masing-masing bidang;
  10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas perencanan, pengembangan kegiatan dan kerrjasama dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugas masing-masing bidang serta mencari alternatif pemecahannya;
  11. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang perencanaan, pengembangan kegiatan dan kerjasama sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  12. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  13. Membagi tugas kepada staf agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  14. Memberi petunjuk kepada staf agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  15. Menilai hasil kerja staf dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerja
  16. Menyusun laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan; dan
  17. Melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai instruksi atasan.

 

  • Tupoksi Koordinator Bidang Pelayanan Penunjang Kesehatan

Koordinator Pelayanan Penunjang Kesehatan mempunyai tugas dalam melaksanakan pelayanan penunjang kesehatan yang diberikan oleh Kepala dan Sekretaris. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, koordinator penunjang kesehatan mempunyai fungsi meliputi :

  1. Pelaksanaan perencanaan pelayanan penunjang kesehatan
  2. Penyusunan pedoman pelaksanaan dan penjabaran standart pelayanan penunjang kesehatan
  3. Pelaksanaan administrasi ketatausahaan
  4. Pelaksanaan pengawasan dan penyuluhan dalam peningkatan kesehatan ditingkat civitas akademika dan masyarakat umum sekitar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *