TIPS MAKAN DAN MINUM YANG BAIK SAAT SAHUR

images

Menjalankan ibadah puasa, agar puasa kita tetap lancar dan segala aktivitas keseharian kita tidak terganggu, ada baiknya kita memilih menu makanan dan minuman yang terbaik untuk kesehatan tubuh. Jangan sampai puasa yang harusnya membuat kita sehat malah menjadi ancaman penyakit bagi diri kita sendiri.

Nah kami ingin berbagi tips makanan yang baik saat sahur. Karena meskipun kita menjalankan puasa, kita tetap harus bekerja dan melakukan kegiatan sehari-hari. Orang yang berpuasa baik di dalam maupun di luar ruangan, tetap memerlukan asupan air dan energi yang cukup dan ini erat kaitannya dengan asupan nutrisi yang kita dapat saat berbuka maupun bersahur. Namun, kebanyakan hal yang terjadi dalam masyarakat dibulan puasa cenderung makan berlebihan di bulan puasa, apalagi hidangan di bulan puasa Ramadhan biasanya dibuat lengkap dan istimewa daripada biasanya. Buat Anda yang ingin tahu apa saja makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat berpuasa, berikut tips-tipsnya :

1. Saat sahur utamakan asupan air / minuman yang cukup terutama air putih agar saat siang hari tubuh tidak kekurangan cairan.

2. Sebaliknya Jangan minum kopi, teh, karena mengandung zat diuretic (zat yang membuat kencing terus) yang malah menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Hal yang selama ini dianggap salah, minum kopi bertujuan untuk menyegarkan badan, memang benar, namun itu paling lama bertahan 1-2 jam saja, setelah itu yang terjadi justru perut/lambung terasa pedih, karena asam lambung yang berlebihan.

3. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi, agar terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa.

4. Selama berpuasa, baik sahur dan berbuka hindari makanan yang mengandung lemak dan rasa pedas. Selain bisa meningkatkan kolesterol darah, makanan lemak dan pedas bisa mengganggu pencernaan. Minumlah air putih yang banyak, antara waktu berbuka sampai menjelang tidur serta selama sahur. Selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

5. Usahakan jangan tidur setelah sholat subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur terbuang sia-sia, mengapa demikian? Pada saat proses makanan diolah menjadi energi waktu yang digunakan selama proses berlangsung digunakan untuk tidur, dan energi yang sudah jadi terbuang percuma, karena tidak digunakan untuk beraktivitas.

6. Menu utama seperti Nasi merah, ubi, spagheti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih “tahan lama” dalam membuat gula darah lebih stabil.

Nah, itulah beberapa tips agar minuman dan makanan yang kita konsumsi ketika sahur berkualitas untuk puasa kita. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *