Bahaya Terlalu Banyak Makan Garam

orang-makan-garam

Bahaya Terlalu Banyak Makan Garam yang Kurang Disadari

Selain mengandung banyak manfaat, garam juga bisa berefek negatif terhadap kesehatan Anda jika berlebihan.

Intip fakta yang terungkap dari konferensi tahunan Asosiasi Jantung Amerika yang ke 49 dengan topik Epidemiogi dan Pencegahan Penyakit Kardiovaskular yang diadakan di Palm Harbor, Florida Maret 2009.

Pada konferensi itu, seperti dilansir DokterSehat.com, dinyatakan, setiap gram garam yang dikurangi dalam makan setiap harinya pada setiap orang Amerika Serikat akan mengurangi 250.000 kasus penyakit jantung, dan mengurangi lebih dari 200.000 kematian selama 10 tahun.

Untuk memerkirakan keuntungan pengurangan asupan garam, peneliti menggunakan model simulasi komputer penyakit jantung pada pupulasi masyarakat Amerika dewasa.

Peneliti menggunakan model untuk memperkirakan pengaruh pengurangan asupan garam harian sebanyak 0-6 gram pada kejadian terjadinya penyakit kardiovaskuler dan kematian karena kardiovaskuler pada tahun 2010-19.

Pada periode tersebut diramalkan bahwa lebih dari 800.000 kehidupan dapat diselamatkan untuk setiap gram garam yang dikurangi.

Peeliti menemukan bahwa pengurangan konsumsi garam sebanyak tiga gram/hari (1.200 mg sodium) akan mengurangi terjadinya kasus penyakit jantung sebanyak enam persen, serangan jantung berkurang delapan persen,

dan kematian karena penyakit jantung berkurang tiga persen. Bahkan pada penduduk Africa Amerika yang cemderung memiliki tekaan darah tinggi dan tekanan darahnya lebih sensitif terhadap garam penurunan penyakit jantung akan berkurang 10 persen, serangan jantung 13 persen, dan kematian karena penyakit jantung sebanyak enam persen.

Saat ini penduduk Amerika mengkonsumsi 9-12 g garam/hari (3.600-4.800 mg sodium) yang lebih tinggi dari jumlah yang direkomendasikan sebanyak 5-6 gram sehari atau 200-2400 mg sodium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *