Daftar Penyakit Akibat Main Smartphone Sebelum Tidur

main-hp-sebelum-tidur

Dewasa ini, smartphone sudah menjadi kebutuhan primer hidup. Entah itu untuk kalangan bisnis, pelajar hingga ibu rumah tangga bisa dipastikan memiliki smartphone. Parahnya lagi, terkadang kita menggunakan smartphone melebihi batas wajar.

main-sebelum-tidur.jpegLupa akan waktu istirahat karena digunakan untuk bermain smartphone. Sebagai contoh, banyak kalangan yang main smartphone sebelum mereka tidur, dan parahnya hal itu sudah menjadi ritual setiap malam. Perlu kamu ketahui, hal ini adalah alasan dibalik waktu tidurmu yang tidak berkualitas.

Berikut ada beberapa dampak negatif yang didapat akibat bermain smartphone hingga larut malam:

1. Merusak Mata

Mata adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Mata adalah indra penglihatan yang telah bekerja seharian penuh dan butuh istirahat di malam hari, tetapi jika pada waktu istirahatnya dipaksa untuk membaca teks berukuran kecil ditambah dengan cahaya dari layar yang terfokus langsung ke mata, tentu akan mempengaruhi kesehatan mata ke depannya.

2. Melemahkan Daya Ingat

Jika kamu merasa semakin susah mengingat belakangan ini, bisa jadi itu karena kebiasaanmu bermain dengan smartphone pada waktu istirahat sebelum tidur. Studi di Paris, Perancis pada tahun 2009 menunjukkan bahwa waktu istirahat yang cukup dapat menstimulasi otak dalam memperkuat ingatan seseorang.

Jadi, kesimpulan sederhananya adalah semakin berkurang waktu istirahat kamu maka semakin berkurang juga daya ingat kamu.

3. Merusak Otak: Meskipun Tidur tapi Otak tetap bekerja

Otak adalah satu dari beberapa bagian tubuh yang terus bekerja selama 24 jam penuh. Saat tertidur pun otak tetap bekerja, meski intensitasnya tidak sebesar ketika tersadar. Oleh karena itu, jika seseorang terus menggunakan smartphone pada jam istirahat, tentu itu tidak baik untuk kesehatan otak dan bagian tubuh lainnya.

4. Penyakit Jantung dan Stroke Dini

Jangan mengira penyakit jantung atau stroke hanya menyerang orang yang sudah berumur. Kawula muda yang gemar memainkan smartphone sebelum tidur ternyata juga memiliki resiko besar mengidap penyakit ini. Kurangnya istirahat yang terus dilakukan setiap harinya menyebabkan tekanan darah menjadi tidak stabil dan parahnya lagi bisa mengakibatkan gagal jantung atau stroke. Sudah banyak sumber yang membahas tentang hal ini, harusnya Anda menyadarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *